RSS
Kerajinan Bambu

Kerajinan Bambu, Modal Kecil Hasil Besar

Berbagai macam produk hasil pengolahan bambu seperti Kursi, Gazebo, Meja, Keranjang, Kurungan Ayam, Sangkar Burung dll merupakan bentuk kerajinan bambu yang hanya membutuhkan modal kecil namun bisa menghasilkan peluang usaha dengan keuntungan yang berlipat ganda. Jika hanya menjual batang bambu mentah maka harga hanya berkisar Rp 5000 - 10.000 per batangnya.
Kerajinan Bambu | Kursi Bambu
Namun jika sudah diolah oleh tangan-tangan kreatif maka hasil kerajinan bambu bisa bernilai Puluhan ribu hingga jutaan rupiah. Salah satu contoh adalah Abah Yudi sebutannya, dia merupakan pengrajin bambu yang membuat alat-alat musik dari bambu seperti biola, gitar, dan kisaran modal yang di butuhkan hanya sekitar Rp 50.000 saja namun produk yang dihasilkan oleh Abah Yudi bisa laku dipasaran mencapai hingga Rp 350.000 per buah.
Kerajinan Bambu | Gitar Bambu
Gitar Bambu
Omzet besar yang dihasilkan oleh kerajinan bambu juga dirasakan oleh salah seorang pengrajin yang bernama muhamad saifullah, dia memulai usaha kerajinan bambu pada tahun 2002 dengan bermodalkan hanya Rp 100.000. produk yang dibuatnyapun masih sebatas Pensil bambu, namun kini usahanya sudah bisa menembus pasaran dunia seperti Amerika, Singapura, Fuji, Malaysia, dia juga ingin membuka toko di malaysia dikarenakan peminat yang cukup besar.